Perbandingan tarif dan kuota Paket Internet Indosat vs Axis

Di zaman sekarang ini, hampir semua orang sudah menggunakan handphone Android. Handphone tersebut seolah mendorong penggunanya untuk membeli paket internet agar bisa mengakses situs-situs tertentu, seperti instagram misalnya.

Dengan adanya paket internet, kita jadi bisa lebih mengenal dunia luar. Kita bisa membaca berita terkini yang bahkan lebih update dari berita yang biasa ditayangkan di televisi. Dengan adanya dunia maya, berita bisa tersebar luas dengan cepat dan bahkan langsung viral.

Meski begitu banyak manfaat yang diberikan, tentu tetap ada kekurangannya. Yang sudah jelas dan pasti, jika ingin memiliki paket internet, kita harus membelinya. Dan membelinya pakai apa? Pakai daun? Bukan, yang ada kamu malah digetok sama yang punya konter. Iya, pakai uang. Dan ini akan sedikit membebani kita karena akan menambah pengeluaran.

Bayangkan saja, misal kita membeli paket internet sebulan Rp 100.000,- , ini baru sebulan. Coba kalo dikali 6 bulan? Nah, sekarang coba dikali 12 bulan? Hasilnya? Ya pokoknya itung sendiri deh.

Coba kalau uang Rp 100.000,- tersebut digunakan untuk hal lain. Membeli token listrik misalnya? Nah kan lumayan. Atau bisa juga untuk beli dompet yang kamu idam-idamkan selama ini. Atau mungkin bisa juga ditabung untuk masa depan.

Yaa begitulah, meski dari segi biaya merugikan, tetap saja kita tak bisa lepas dari paket internet (termasuk aku). Iya, aku pun kadang kelabakan kalau ngeliat notif SMS yang berisi peringatan sisa kuota. Karena hal inilah aku sempet tanya ke temen-temen paket internet apa yang murah, tapi yang gak murahan. Waktu itu aku lagi pakai Indosat dan udah nyoba XL.

Beberapa diantara mereka merekomendasikan Tri kalau mau yang murah. Tapi aku menolak dengan alasan gak mau emosi jiwa. Dan dengan keputusan sendiri akhirnya aku pun nyoba Axis yang waktu itu belum bergabung dengan XL. Aku pun mulai membandingkan, paket internet indosat vs axis.

Dari Segi Harga                          

Yang pertama kali akan aku bandingkan adalah harganya. Dari segi harga, kalau paket bulanan memang Axis yang menang. Bisa dilihat harga paket Axis di daftar di bawah ini :

Nama PaketMasa AktifHarga
 Bronet 1 GB 30 Hari Rp 19.900,-
 Bronet 2 GB 30 Hari Rp 29.900,-
 Bronet 3 GB 30 Hari Rp 39.900,-
 Bronet 5 GB 30 Hari Rp 59.900,-

Coba bandingkan dengan harga paket Freedom Indosat di daftar di bawah ini :

Nama PaketMasa AktifHarga
 1 GB + 5 GB (01-06) + 2 GB (Kuota Apps) 30 Hari Rp 40.000,-
 3 GB + 4 GB (4G) + 1 GB (01-06) 30 Hari Rp 50.000,-
 9 GB + 5 GB (4G) + 16 GB (01-06) 30 Hari Rp 65.000,-
 20 GB + 5 GB (4G) + 10 GB (01-06) 30 Hari Rp 95.000,-

Notes: harga bisa berubah sewaktu-waktu

Nah, bisa dilihat sendiri kan? Mana yang lebih murah? Bahkan kuota yang diberikan Indosat untuk 24 jam sangat sedikit.

Tapi semakin kesini aku rasa para provider saling bersaing dengan harga dan bonus-bonus yang diberikan agar pelanggan berbelok dan luluh ke provider mereka. Ya jelas lah, namanya juga bisnis. Persaingan ini tak hanya Indosat dan Axis saja, aku rasa yang lain juga.

Namun karena yang aku bahas kali ini adalah Indosat vs Axis, jadi aku akan memfokuskan pada keduanya saja. Awalnya, Axis memang murah. Tapi setelah ku lihat-lihat dan ku perhatikan, semakin kesini Indosat pun mulai memberikan harga yang relatif murah, contohnya saja dengan memunculkan paket yellow dan paket unlimited.

Meskipun begitu, yang amat sangat disayangkan adalah Indosat sering mengambil pulsa pelanggan tanpa permisi. Contoh yang dekat saja, aku. Aku sering isi pulsa untuk paket yellow, awalnya pulsaku masih sisa dan tiba-tiba taraaa, pulsaku hilang ke planet lain.

Sedangkan untuk Axis, aku masih belum ada keluhan soal harga. Apalagi Axis mempunyai program Rabu Rawit yang menawarkan paket internet dengan harga jauh lebih murah dari hari-hari biasanya.

Dari Segi Kecepatan

Sekarang mari kita pindah dan membahas dari segi kecepatan. Mana yang lebih cepat? Mana yang gak bikin emosi jiwa? Mana yang bisa akses ini itu dengan hitungan menit atau detik dan gak sampai berjam-jam?

Untuk hal ini, aku rasa Indosat yang masih menang. Sebab, Axis kalau digunakan di daerah terpencil, alias desa yang minim sinyal, beuuh bikin emosi jiwa dan auto banting handphone (gak ding, yang ini canda).

Apalagi kalau hujan, badai, ditambah petir. Ini aku serius, sinyal Axis akan parah banget, bahkan bisa sampai gak ada. Dan kalau udah di kondisi seperti ini, kamu akan pasrah dan lebih milih gak akses internet apapun kecuali chat. Itupun kalau ada yang nge-chat, eh canda ding.

Kadang kalau pas hujan, buat chat WA aja pendingnya sampai bikin kata luar biasa berubah jadi luar binasa saking bikin gregetnya. Iya, emang lumayan lancar buat nerima chat, tapi buat ngirimnya allohuakbar bikin kita nyebut terus. Tapi ya alhamdulillah sih jadi nyebut terus.

Tapi kalau pas gak hujan alias terang benderang, oke aja sih. Apalagi kalau di kota, lancar jaya. Yang pasti, saran aku kalau rumahmu di daerah terpencil dan mau beli paket internet untuk nge-game online, contohnya Mobile Legend atau AOV, jangan pilih Axis karena auto afk. Aku pernah sih, soalnya posisi lagi di rumah, bukan di kos :’v


Admin note : Kecepatan internet banyak sih yang mempengaruhinya, posisi rumah pengaruh, cuaca kadang juga ngaruh, device yang dipake juga ngaruh, untuk hal ini, sebaiknya survey dulu pengguna disekitar kamu, misalnya temen ato tetangga, tanyain sinyalnya gmna. Setidaknya pastiin bahwa di lokasi kamu beneran dapet sinyalnya, dan sinyalnya lumayan.


Nah, dari kedua segi yang udah aku jabarkan panjang lebar, udah bisa ambil kesimpulan kan? Kesimpulannya adalah, beli lah yang sesuai kebutuhan. Iya, cuma itu aja. Maksudku, kalau kamu di daerah minim sinyal, lebih baik pilih Indosat (tapi terserah kalau mau pilih Axis). Dan jika kamu di daerah kota tapi minim budget, pilih Axis (ga maksa kalau maunya Indosat).

Sekian~

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *