Pengalaman Beli Tiket Kereta Online di Traveloka

Sebenarnya traveloka merupakan salah satu situs yang gak cuma bisa untuk beli tiket kereta online aja. Karena memang traveloka sendiri bisa untuk beli tiket pesawat dan booking hotel seperti yang sudah dibahas di post sebelumnya.

Dengan kemudahan yang di dapat, banyak orang yang lebih memilih untuk membeli online dibanding harus langsung datang ke lokasi. Traveloka sendiri memang situs terpercaya yang bisa digunakan oleh semua kalangan, baik muda ataupun tua.

Aku sebenernya tipe orang yang suka kepo gitu, jadi cuma untuk sekedar beli tiket kereta online aja aku nyobanya di beberapa situs, seperti di kai.id, tiket.com, dan traveloka ini. Aku beli tiket kereta di traveloka sebenernya udah lumayan lama sih ya, karena sekarang aku lebih sering beli di situs kai.id.

Jadi waktu itu aku ada keperluan ke Solo gitu, dan aku lebih memilih naik kereta dibanding naik bis. Kenapa? Karena kalau naik bis aku bakal auto pegel :’v Ya bayangin aja 8-10 jam perjalanan duduk terus. Kalau naik kereta kan 3 jam-an paling udah sampe. Menurutku lebih enak naik kereta aja deh pokoknya ketimbang naik bis.

Oh iya, untuk cara beli tiket kereta online di traveloka sendiri sebenernya sangat mudah, karena kita cuma perlu mengikuti instruksi yang ada. Tapi mungkin ada sebagian yang belum paham dengan caranya, jadi langsung aja deh ya kita ke cara belinya.

Bagaimana Cara Beli Tiket Kereta Online di Traveloka?

1. Login ke traveloka, terus pilih menu tiket kereta api. Setelah itu, isikan stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan. Jangan lupa isi juga tanggal keberangkatan.

2. Setelah itu, kamu bisa langsung pilih kereta yang kamu mau. Misal di sini aku pilih kereta Joglokerto yaa.

3. Kalau udah, kamu bisa isi kontak informasi yang bisa dihubungi. Email dan nomor hp harus valid yaa. Jangan lupa isi juga detail penumpangnya. Oh ya, detail penumpang dan kontak informasi bisa sama isinya.

4. Setelah tahap tersebut di atas, kamu bisa langsung ke metode pembayaran atau bisa juga pilih tempat duduk dulu. Kalau di sini aku pengin pilih tempat duduk dulu soalnya pengin di gerbong belakang. Misal aku pilih gerbong 6 seat 10D.

5. Kalau sudah, kamu bisa langsung menuju metode pembayaran. Metode pembayaran yang disediakan di traveloka sangat beragam. Mulai dari transfer, Mandiri Debit, BCA Klikpay, Credit Card, dll jadi bisa kamu pilih sesuai keinginan hati :v Contoh di sini aku pilih transfer Mandiri yaa.

6. Kalau misal kamu juga pilih transfer Mandiri, maka kamu akan mendapat tampilan no rek tujuan traveloka seperti di bawah ini. Oh ya, kamu juga akan mendapat email yang berisi no rek traveloka dan jumlah yang harus dibayarkan. Ingat, jumlah transfer harus sesuai dan sama persis biar gak gagal.

 

Jadi, cara beli tiket kereta online di traveloka emang cuma segitu doang. Iya, gampang banget emang. Oh ya, maksud dari email yang berisi no rek traveloka dan jumlah yang harus dibayar itu seperti di bawah ini :

Screenshoot di atas adalah yang aku dapet dulu waktu aku beli tiket kereta online di traveloka. Untuk pembayarannya sendiri ada batas maksimal yaa, jadi batas maksimal bayar sekitar 30 menit. Kalau lewat dari 30 menit, kamu harus beli ulang lagi. Maka dari itu, sebelum beli tiket keretanya, kamu harus memastikan kalau kamu memiliki waktu luang sekitar 30 menit untuk menyelesaikan pembayaran tiketnya.

Setelah selesai bayar, kamu akan mendapat email lagi yang berisi pdf kode booking yang bisa kamu tukarkan menjadi tiket fisik di waktu keberangkatan. Sebenernya menukar ke tiket fisik sebelum waktu keberangkatan juga bisa, tapi menurutku lebih enak di waktu keberangkatan soalnya biar sekalian gitu hhe.

Email kode booking yang aku maksud tuh seperti di bawah ini :

Waktu itu aku naik kereta dari Stasiun Kroya dan turun di Stasiun Purwosari. Pdf yang berisi kode booking ini gak perlu kamu print di kertas hvs, karena pas di stasiun keberangkatan kamu tinggal mengetikkan kode bookingnya ke komputer tempat penukaran. Maksudku, kamu bisa melihat kode bookingnya lewat handphone-mu. Jadi gak perlu ribet-ribet print pdf kode booking dulu, yang penting pastikan handphone-mu masih hidup alias baterainya gak habis aja udah cukup.

Jangan lupa juga bawa kartu identitas (KTP, SIM, dll) sesuai dengan yang sudah kamu isikan di detail penumpang di atas. Karena saat pengecekan tiket fisik kereta, petugas akan meminta kartu identitas yang kamu punya. Maka dari itu, lebih telitilah lagi saat mengisikan kartu identitas di bagian detail penumpang biar gak ribet saat di pengecekan tiket fisik.

1 komentar untuk “Pengalaman Beli Tiket Kereta Online di Traveloka”

  1. Kak tanya kalau yang beli tiketnya 2 orang tapi yang satu nggak punya email terus 1 email itu dibuat dua orang itu bisa nggak, terus emailnya nanti tiket yang akan diwujudkan menjadi tiket rupa itu dikirim 2 apa cuman satu email nya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *