Pengalaman beli tiket situs resmi Kereta api indonesia (kai.id)

Di post kali ini, aku akan bahas tentang  pengalamanku beli tiket kereta online di situs kai.id. Sebenernya, untuk beli tiket kereta online sendiri bisa di situs lain juga, seperti di tiket.com dan traveloka.com. Aku juga sempet nge bahas "Cara Beli Tiket Kereta di Situs tiket.com" di postku sebelumnya.

Sebenernya, baik situs tiket.com ataupun kai.id sama-sama gampang untuk beli tiket online kok, hanya saja situs kai.id itu situs khusus untuk beli tiket kereta online, kalau situs tiket.com kan bisa juga untuk booking hotel. Jujur aku lebih sering pake situs kai.id kalo soal beli tiket kereta online, soalnya dari awal emang udah pake itu.

Mungkin akan ada yang tanya, "kenapa sering pake kereta?" (pd dikit ga papa yaa haha). Soalnya, saat ini aku kan mahasiswi dan aku kalau pulang kampung atau mudik seringnya pake kereta. Alasannya sih karena lebih murah, lebih cepet, nyaman, dan ada stop kontaknya hehe. Pernah juga sih sesekali naik bis gara-gara tiket kereta abis, tapi ga sukanya tuh lama banget. Makan waktu hampir 10 jam bro :'v (duh maap, curhat dikit).

Lalu, Bagaimana Cara Beli Tiket di Situs kai.id?

Oke, langsung aja tanpa fafifu. Ini dia caranya :

1. Login atau buat akun terlebih dahulu agar lebih mudah. Untuk lebih jelasnya, bisa lihat screenshot dibawah.

2. Setelah login, kamu bisa langsung mengisi stasiun asal dan stasiun tujuan. Oh iya, jangan lupa juga tentukan tanggal keberangkatan.

3. Kamu bisa pilih kereta sekarang. Kamu bisa pilih kereta yang murah, e tapi yang mahal juga ada kok :'v Contohnya kaya di bawah ini nih

4. Nah, setelah kamu pilih 1 kereta yang kira-kira cocok sama kamu, kamu akan disuguhi tentang info reservasinya.

5. Kamu bisa isi data penumpang setelah ini. Screenshot dibawah ini hanya contoh saja. Oh iya, untuk nomor ID harus sesuai dengan KTP/SIM/Pasport yang kamu punya yaa

6. Setelah isi data, kamu bisa pilih kursi dan pilih cara pembayaran. Pembayaran yang disediakan di situs kai.id ada banyak, ada ATM, Mini Market, Kantor Pos, BCA KlikPay, CIMB Clicks, Mandiri clickpay, e-pay BRI, Doku Wallet, VISA dan Danamon online banking.

 

7. Setelah selesai beli, kamu akan dapat e-mail 'bukti pemesanan' yang isinya nama, kereta, dan kode pembayaran. Nah, kode pembayaran ini yang digunakan untuk membayar.

8. Setelah membayar, kamu akan dapet e-mail 'bukti pembayaran' yang isinya kode booking. Nah, kode booking ini yang bisa ditukar ke tiket fisik nantinya di stasiun keberangkatan.

Amankah Beli Tiket Online di Situs kai.id?

Aman, 100 % aman banget kok karena aku udah buktiin beli lebih dari 1 kali. Selain bisa di akses lewat web, kai.id juga bisa di akses lewat handphone loh, kamu bisa download aplikasinya di playstore (untuk pengguna Android) atau AppStore. Cari aja dengan kata kunci KAI Access. Dengan begini, kamu akan lebih mudah dalam pembelian tiket kereta online. Cuma klik klik, dan e-ticket sudah ada di tangan kamu.

Lalu, Bagaimana Cara Bayar Tiket Online di Alfamart?

Seperti yang sudah ku jelaskan di atas, kalau kamu beli tiket online di situs kai.id, kamu bisa bayar lewat Alfamart. Aku juga lebih sering bayar tiket keretanya lewat Alfamart. Kenapa? Yang pertama, karena lebih deket sama Alfamart (kalau di rumah), dan yang kedua karena selalu dapet hadiah hehe. Ini seriusan emang dapet hadiah kok :'v Buktinya aku sering dapet mizone, mayan kan dapet gratisan dari pada lewat ATM tapi gak dapet hadiah :'v

Oh iya, cara bayar tiketnya juga gampang banget. Kamu hanya perlu mencatat kode pembayaran yang udah dikirim ke e-mail kamu, datang ke Alfamart, dan bilang ke mba/masnya : "Mba/mas, mau bayar tiket kereta" . Nah nanti petugas Alfamartnya akan nanyain kode pembayaran, kamu tinggal kasih kode pembayaran yang udah kamu catat, dan mas/mba Alfamartnya yang akan mengurus semuanya. Oh iya, jangan lupa kasih uangnya sebelum pergi :'v

Jadi, caranya gampang banget kan? Udah cepet, tempat AC-an, dapet hadiah pula haha (bagi yang beruntung). Tapi seriusan aku dapet terus hehe.

Oh iya, ini e-mail 'bukti pemesanan' yang aku maksud. Btw ini aku belinya udah dari bulan Juli lalu karena aku belum naik kereta lagi sekarang. Waktu itu aku naik kereta Joglokerto dari Kroya ke Solobalapan.

 

Dan ini yang dimaksud e-mail 'bukti pembayaran' :

Di e-mail 'bukti pembayaran' ini, ada PDF yang bisa kamu download. PDF itu isinya ada: Kode pemesanan (kode booking), data pemesan, data perjalanan, dan data penumpang. Kamu juga bisa menukarkan e-ticket jadi tiket fisik di hari keberangkatan.

Oke, mungkin segitu dulu yang bisa aku ketik. Jadi, gimana? Kamu lebih pilih beli tiket online atau ngantri di stasiun untuk langsung beli tiket fisiknya?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *