Cara Belanja Online di Bukalapak

Setelah sebelumnya aku udah bahas tentang Cara Belanja Online di Shopee, kali ini aku mau bahas “Cara Belanja Online di Bukalapak”. Sebenernya cara belanja online-nya tidak jauh berbeda. Iya, hampir sama seperti shopee, kita cuma perlu mengikuti instruksi yang ada.

Meskipun begitu, mungkin tetap masih ada yang gak terbiasa dengan bukalapak dan masih bingung dengan cara belanja online di sana. Maka dari itu, aku mulai kepikiran buat bikin post ini. Di sini aku juga akan membagikan sedikit tips agar kita sebagai buyer tidak tertipu karena belanja online.

Serba online memang terkadang bisa menyulitkan sekaligus memudahkan kita. Yang dimaksud menyulitkan di sini ya karena akan ada sedikit perasaan was-was takut tertipu. Sedangkan yang dimaksud memudahkan di sini ya karena kita hanya perlu beli di rumah atau dimana saja dan kita tinggal menunggu barang datang.

Okedeh, tanpa perlu kebanyakan fafifu, sekarang langsung aja kita ke cara belanja online-nya.

Bagaimana Cara Belanja Online di Bukalapak?

Cara belanja yang aku share di sini menurut aku udah yang paling mudah dan tidak menyulitkan untuk orang yang masih baru dengan bukalapak. Jadi langsung aja ke caranya :

1. Buka situs bukalapak.com, kemudian log in terlebih dulu. Kalau kamu belum punya akunnya, kamu bisa daftar dulu.

2. Setelah itu, kamu bisa ketikkan barang yang mau kamu beli di kotak pencarian ‘Aku mau belanja…’. Misal di sini aku mau beli bunga flanel, langsung aja aku ketikkan kata kunci ‘bunga flanel’ dan akan muncul pencarian seperti di bawah ini.

 

3. Di sini, kamu bisa pilih bunga flanel seperti apa yang mau kamu beli, karena ada banyak sekali model yang muncul dengan harga dan penjual yang berbeda. Contoh di sini aku pilih bunga flanel seperti di bawah ini.

Kamu bisa memasukkan jumlah bunga yang mau kamu beli. Kamu juga bisa chat penjualnya terlebih dahulu untuk menanyakan kondisi barang. Kamu bisa klik tambahkan ke keranjang kalau kamu mau beli lagi barang yang berbeda, atau bisa langsung klik beli sekarang untuk melanjutkan pembelian.

4. Setelah klik beli sekarang, kamu akan mendapatkan halaman yang memintamu untuk mengisi data pembeli. Isikan data tersebut dengan sebenar-benarnya karena hal ini sangat penting, apalagi alamat rumahnya. Isikan dengan benar agar barang yang dikirimkan penjual gak nyasar.

 

5. Sekarang kamu bisa memilih metode pembayaran. Ada transfer virtual account , mastercard, kredivo, DANA, Mandiri E-cash, Indomaret, atau lebih lengkapnya bisa lihat di screenshoot di bawah ini.

Langkah selanjutnya, kamu hanya perlu membayar sesuai dengan metode yang kamu pilih dan harus dengan jumlah yang tepat. Untuk cara pembayarannya, nanti akan ada petunjuk dari pihak bukalapak sesuai dengan metode pembayaran yang kamu pilih.

Kalau kamu sudah bayar, sekarang kamu cukup menunggu barang di packing penjual dan untuk selanjutnya di kirim ke rumahmu. Atau kamu bisa juga langsung chat penjual untuk memastikan kapan barang kamu akan di kirim.

Tips Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online di Bukalapak

Sekarang aku mau share sedikit tips agar gak ketipu sama penjual abal-abal yang numpang nongkrong di situs bukalapak berdasarkan pengalaman pribadi. Tips dari aku sih gak banyak-banyak amat yaa, tapi semoga membantu melawan kebimbangan hatimuu :v

1. Tips yang pertama, pilih penjual yang menurut kamu terpercaya. Kamu bisa melihat terpercaya atau gaknya penjual itu dari feedback yang diberikan pembeli setelah membeli barang di penjual tersebut. Contoh feedback yang bagus :

 

2. Selain cara yang pertama, kamu juga bisa menggunakan fitur ‘tipe seller’. Pilih aja yang top seller, udah pasti terpercaya dan gak nipu karena biasanya udah banyak langganan.

 

3. Jangan pilih barang yang murahnya gak masuk akal. Iya emang kalau kita di iming-imingi barang yang murah tapi “fotonya” bagus, pasti kepengen. Tapi aku sarain jangan kepincut deh dari pada nanti ujungnya kecewa yekan :’v

4. Jangan mau di ajak jual beli di luar bukalapak. Dulu aku pernah dapet penjual yang kaya gitu soalnya. Dia gak mau di ajak jual beli di bukalapak dengan banyak banget alesan, padahal udah jelas-jelas dia promosi barangnya di bukalapak, ya harusnya mau dong kalau jual belinya di bukalapak karena udah dijamin keamanannya sama pihak bukalapak.

5. Kalau barang yang kamu mau adanya di penjual yang masih baru, belum ada yang beli dan belum ada feedback apapun dari pembeli, jangan ragu untuk beli ke penjual tersebut asalkan harganya wajar dan barangnya sepadan dengan harga. Dan yang terpenting jangan mau kalau di ajak jual beli di luar bukalapak (contohnya, lewat whatsapp, bbm, dll) dengan alesan apapun untuk jaga-jaga. Oh ya, kamu juga bisa melihat dari barang yang ada di tokonya, dan kamu bisa menyimpulkan kalau dia niat jualan gak? Atau cuma mau numpang cari mangsa?

Okede, kayanya segitu dulu yang bisa aku tulis. Thanks

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *