Pengalaman Jual Beli Barang di OLX, Cepat dan Mudah!

Nama OLX sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Dimana platform yang satu ini telah memiliki sejarah yang panjang soal urusan jual beli barang secara online. Sebelumnya situs ini bernama Tokobagus.com dan Berniaga.com. Namun seiring berjalannya waktu, namanya pun berubah menjadi OLX Indonesia hingga sekarang.

OLX sendiri telah secara resmi menjadi penghubung antara si penjual barang dengan si pembeli barang sejak tahun 2014 lalu. Dimana situs ini juga telah memiliki aplikasi yang bisa didownload di Playstore maupun di Appstore, sehingga memudahkan segala aktifitas soal urusan jual beli barang secara online.

Jika mengacu pada data di Playstore, OLX sampai saat ini sudah didownload oleh lebih dari 10 juta downloader. Artinya, OLX memang sudah menjadi platform favorit untuk urusan jual beli online. Selain itu, bukan hanya barang baru saja yang bisa dijual atau dibeli di OLX, tapi juga termasuk barang bekas dan juga jasa.

Hal menarik ketika saya membuka website atau menggunakan aplikasi OLX adalah kategori yang cukup banyak pilihannya. Ada kategori mobil, motor, property, keperluan pribadi, elektronik & gadget, hobi & olahraga, rumah tangga, perlengkapan bayi & anak, kantor & industri, serta jasa & lowongan kerja.

Cara Login OLX

Saya pribadi pengguna aplikasi OLX. Sangat jarang sekali saya mengakses OLX via komputer meskipun sehari-hari saya berada di depan komputer. Karena bagi saya, lewat aplikasi jauh lebih mudah dibanding dengan komputer.

Untuk bisa menggunakan fasilitas yang ada di OLX, kita disarankan untuk login terlebih dahulu. Menariknya, ada beberapa pilihan untuk bisa login di OLX, yaitu bisa menggunakan akun Facebook dan bisa juga menggunakan akun Google. Kalau saya pribadi menggunakan akun Facebook. Soal keamanan akun tak perlu diragukan lagi, dijamin aman 100 persen. Karena saya sudah menjadi pengguna setia OLX sejak tahun 2014 lalu sampai sekarang.

Setelah login, kita akan langsung di bawa ke halaman beranda yang berisi iklan baris barang-barang yang dijual dari beberapa kategori mulai dari yang berbayar sampai yang gratis sekalipun ada disana. Sehingga memudahkan kita saat ingin membeli sesuatu di OLX.

Pasang Iklan Untuk Jual Barang

Saya sendiri sudah beberapa kali menjual barang di OLX, seperti laptop dan juga jam tangan bekas pakai. Tapi sayang, setelah barang saya laku terjual, saya langsung menghapus iklannya sehingga histori penjualannya pun ikut terhapus. Jadi tidak ada gambar yang bisa ditampilkan disini.

Tapi jangan salah, OLX bukanlah platform yang sembarang publish iklan dari membernya. Terkadang ada beberapa iklan yang ditolak. Saya pun pernah mengalaminya saat saya memasarkan jasa lowongan driver taksi online. Sayangnya tidak ada penjelasan kenapa iklan saya ditolak.

Hal lain yang harus diketahui bersama adalah masa aktif iklan yang tidak terlalu panjang. Normalnya, iklan akan tayang di OLX selama satu bulan. Itu kalau kita memasangnya dengan cara gratis. Beda lagi kalau kita sebagai member OLX berbayar. Saya tidak tau karena saya belum pernah menggunakan yang berbayar.

Hal pertama yang harus dilakukan untuk pasang iklan di OLX adalah jangan lupa upload foto produk yang akan dijual, lalu tulis judul iklan dan sesuaikan dengan kategori dari barang yang akan dijual tersebut. Jangan lupa juga untuk deskripsikan barang yang ingin dijual seperti warna atau ukuran dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pembeli.

Membeli Barang di OLX

Menurut saya sangat mudah sekali ketika kita ingin membeli suatu barang di OLX, baik barang baru maupun bekas pakai. Apalagi saat kita berada di beranda, kita langsung disuguhkan dengan banyaknya barang yang dijual dari beberapa kategori terpilih oleh tim OLX itu sendiri.

Untuk mencari sesuatu yang lebih spesifik lagi, kita tinggal menuju halaman kategori dan pilih kategori yang sesuai dengan apa yang kita cari. Kalau saya sendiri pernah membeli motor bekas di OLX yang dimana motor tersebut untuk saya jual lagi kepada seseorang, pastinya dengan mengambil untung yang tak begitu banyak.

Saat memasuki kategori motor, kita bukan hanya disuguhkan dengan jajaran motor saja, tapi juga semua hal yang berkaitan dengan motor seperti aksesoris, helm, maupun sparepart juga dijual disana.

Untuk memudahkan komunikasi antara penjual dan pembeli, OLX juga memfasilitasi fitur chat. Dimana pembeli bisa bertanya langsung kepada si penjual terkait dengan barang yang dijualnya. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sesekali melakukan pembayaran dengan cara transfer kepada si penjual. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penipuan yang marak terjadi di negeri kita tercinta ini. Kalau saya pribadi melakukan transaksi dengan cara COD atau ketemuan dengan si penjual, biar sama-sama enak.

Admin note: yang perlu diinget adalah untuk pembeli, harus berhati2 dalam melakukan transaksi di OLX, situs olx hanya sebagai papan pengumuman yang bebas dipakai siapa saja untuk promosi barang jualannya, olx ga bertanggung jawab terhadap apa aja yang di jual. Jadi untuk transaksi, sebaiknya lakukan COD agar aman, dan saat COD lakukan di tempat ramai, misalnya COD di caffe ato mall.. Sekian dari admin..

Kesimpulannya

Dari keterangan yang sudah saya jabarkan di atas bisa ditarik kesimpulan kalau OLX adalah salah satu platform jual beli online yang paling banyak diminati warganet. Karena selain mudah dan cepat menjual barang, OLX juga gratis lho. Bukan cuma itu saja, pembeli juga merasa senang karena banyak pilihan kategori barang yang dijual di OLX sehingga memudahkan saat ingin berbelanja. Meskipun ada juga yang berbayar dengan fasilitas yang berbeda, tapi kebanyakan orang menggunakannya secara gratis.

Tinggalkan Balasan