Apakah TOKOPEDIA aman ? Ini pengalamanku belanja ditokopedia

Kali ini aku akan ngomongin Mall online terbesar di indonesia, Tokopedia, yang didalamnya terdapat ribuan penjual. Ketika ada yang tanya apakah tokopedia penipu ? atau kasus penipuan apa aja yang pernah terjadi di tokopedia. Ini jawabnya rada-rada susah sih menurutku.

Aku akan jawab berdasarkan pengalamanku belanja ditokopedia, dan berdasarkan baca-baca di internet.

Pertama, Aku akan bahas apa itu tokopedia untuk yang belum tau. Aku ga bakal bahas panjang2. Tokopedia adalah situs yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli di internet, yang jualan bukan pihak tokopedia, yang jualan adalah orang/pihak lain selain tokopedia.Fungsi tokopedia disini adalah menyediakan tempat jualan untuk penjual, dan tempat belanja yang aman untuk pembeli.

Kenapa aman? Karena uang akan ditahan di rekening tokopedia, dan akan ditransfer ke penjual, jika barang sudah sampai di tangan pembeli. Dari konteks ini tokopedia akan terlihat sangat aman.

 

Diatas adalah fitur tokopedia yang seharusnya membuat tokopedia sangat aman. Tapi apakah bener2 aman ? Apa ga ada penipuan ditokopedia ? Baca aja terus dibawah ini.

Apakah tokopedia penipu ? Atau adakah kasus dugaan penipuan yang terkait tokopedia ?

Aku akan bicara dari pengalamanku dulu, Aku udah coba belanja di tokopedia.com, dan alhamdulillah barangnya sampai 😀

Dalam hal ini aku bisa bilang tokopedia bukan penipu, karena barang sampai. Dan logikanya memang tokopedia bukan penipu, karena yang jual pun bukan tokopedia, tokopedia hanya perantara disini. Entah barang yang sampe cacat dan sebagainya, tetap tokopedia bukan penipu.

 

 

Aku suka banget meng-analisa web jualan online itu dari segi tampilan web dan fitur web mereka, dan tokopedia adalah salah satu yang terbaik menurutku dari segi desain tampilan web.

Sama seperti saat aku review lazada dan traveloka, aku akan katakan sekali lagi, tampilan website yang profesional itu memperlihatkan bahwa bisnis tersebut serius.

Dan dana yang dikeluarkan untuk menghasilkan tampilan web profesional biasanya tidak sedikit. Bagi kamu yang pernah blogging, kamu akan tau, kalau beli tema premium di internet itu biasanya mahal banget, satu tema premium itu harganya bisa 570usd atau ada yang bundle 999 usd untuk beberapa tema, ini kalau dirupiahin sekitar 7 juta sampe 13 juta, dan tema ini masih default, artinya masih tampilan standar tema tsbt.

Untuk dapetin tampilan sesuai kemauan, itu biasanya butuh kemampuan koding, dan web seperti tokopedia ini bakal punya staff khusus ataupun bayar freelance untuk ini. Ini udah masuk kedalam dana modal/perawatan, aku bisa bicara sampe berbusa mengenai hal ini, tapi intinya disini, yang ingin aku sampaikan adalah, semakin bagus dan profesional tampilan sebuah website, itu menunjukkan semakin serius dan peduli mereka dengan"brand" dan reputasinya, dan semakin kecil kemungkinan bahwa web tersebut berniat menipu.

Selanjutnya iklan, iklan di tv dan di web, dimana2 kamu bisa liat iklannya, ini ngeluarin budget yang ga sedikit. Dan ya, mereka ga bakal mau nipu dan hancurin reputasi yang udah dibangun dengan iklan bernilai puluhan bahkan ratusan juta.

Apakah ada yang tertipu belanja ditokopedia ? Wajib baca

Aku liat di internet, ada kasus yang tertipu, tapi ini kasus pishing, dan ini ga bisa dibilang kasus penipuan tokopedia menurutku, karena pishing ga terjadi di tokopedia aja, udah ada sejak jaman dahulu kala, kamu bisa search di internet, apa itu pishing.

Aku juga perlu ingatkan teman-teman disini. Tokopedia adalah situs marketplace, artinya banyak banget penjual disana. Hal ini menyebabkan harga di tokopedia menjadi lebih murah, karna banyak penjual yang bersaing menjual barang yang sama disana.

Disinilah kamu harus hati-hati.

Tidak semua penjual itu jujur dan baik. Sejauh ini aku sendiri belum pernah sampai tertipu. Tapi bukan tidak mungkin kamu bisa tertipu. Kenapa ?

Aku selalu pilih-pilih siapa penjualnya. Walaupun ada penjual yang lebih murah, aku belum tentu ambil.Kriteria penjual yang aku ambil biasanya adalah penjual yang seperti dibawah ini.

 

hati-hati-penjual-penipu-tokopedia

beberapa-alasan-kenapa-tokopedia-aman

Kamu bisa lihat statistik tersebut dengan mengklik tombol merah "Lihat detail statistik" dilaman beranda penjual.

Yang harus kamu perhatikan adalah Seberapa bagus rating penjual tersebut. Mulai dari berapa rating produknya, berapa banyak transaksi sukses dan berapa kecepatan prosesnya.

Kalau toko tersebut punya transaksi sukses 50% misalnya, itu artinya dari 100 kali penjualan, 50 gagal dan uang dikembalikan ke saldo pembeli, bisa jadi karna stock barang habis, atau penjual tersebut lambat konfirmasinya.

Hal ini penting banget diperhatikan, agar kamu ga gagal saat transaksi belanja di tokopedia.

Aku akan update lebih lanjut tulisan ini, tinggalin komentar kamu dibawah ini, biar aku bisa bahas tokopedia dari berbagai sudut pandang. Jangan malu-maluin dan tinggalin suara kamu dikolom komentar.