Apakah LAZADA INDONESIA PENIPU ? Ini pengalamanku belanja dilazada

Hi semua. kali ini aku akan nge-review lazada.co.id. Salah satu online store terbesar di Indonesia saat ini. Banyak banget isu yang beredar bahwa lazada adalah penjual yang ga jujur dan ada penipuan yang terjadi saat belanja di lazada.

Aku tau kamu pasti bingung, dan ingin tau, lazada itu beneran jualan ga sih ? bisa dipercaya ga sih? Iya kan ? Lanjut baca deh, dibawah ini aku review lazada berdasarkan pengalaman ku belanja di lazada.

Selain itu ada juga komentar-komentar pengunjung yang menceritakan pengalaman mereka belanja di lazada, ini bisa jadi tolak ukur buat kamu sebelum memutuskan untuk membeli barang di lazada.

Jika kamu pernah belanja di lazada, aku harap kamu juga mau berbagi cerita.

Entah itu pahit, manis, ataupun asem kecut. Ceritain dibawah ini. Biar cerita kamu bisa jadi masukan buat calon pembeli sekaligus pihak lazada (kalau mereka baca artikel ini).

Apakah Lazada Indonesia penipu ? Amankah belanja online di lazada ?

Sebelumnya aku sudah menulis artikel ini di blog yudhabook.com, tapi karna berbagai macam alasan, blognya harus di close dan sebagian artikel aku pindahin kesini.

Ga perlu mukodimah panjang lebar. Menurutku : Lazada.co.id legit dan bisa dipercaya (dan bukan penipu). Berikut ini alasannya aku jabarin satu-satu.

Pengalamanku belanja di lazada

Aku ga bakal nulis artikel ini kalo belum pernah belanja di lazada 😀 . Disini aku ga bakal bahas panjang lebar lagi. Singkat cerita, barang diantarkan oleh kurir JNE.

Berikut photo barangnya :

Barangnya sampai dalam kondisi baik.

Barang sampai 10 hari setelah pemesanan (karna barangnya dari suplier/partner lazada). dan waktu itu aku pesannya dengan sistem COD, jadi ga terlalu cemas sih. Mau barangnya sampe atau ga, soalnya kan belum bayar 😀

Desain web lazada

Alasan kedua ku adalah dari tampilan website lazada. Tampilannya professional. Untuk desain website seperti lazada itu setidaknya harus punya staff web design yang professional.

Mungkin teman2 pernah dapet SMS penipuan, yang bilang kalau teman2 menang hadiah mobil atau uang ratusan juta, terus disuruh cek blog atau website tertentu. Nah website penipuan, biasanya desainnya asal jadi, karna tujuannya dapet uang tanpa harus kerja keras. Website penipuan biasanya pakai subdomain gratis sehingga penipu ga keluarin modal sama sekali untuk bikin websitenya.

Jadi dari tampilan website, kita bisa liat seberapa besar effort dan money yang dikeluarkan. Semakin banyak effort dan money yang dikeluarkan, semakin kecil kemungkinan website tersebut penipu.

Iklan oleh lazada dimana-mana

Lazada ngeluarin budget yang sangat besar buat ngiklan di TV nasional, plus iklan di internet.

Brand yang sudah dibangun dengan dana besar, ga mungkin di hancurin cuma biar bisa nipu 1 atau 2 orang doang. Jadi dari sini keliatan kalo lazada serius mau jualan.

Terus kenapa ada isu lazada indonesia melakukan penipuan ?

Ini karna ada penjahat-penjahat yang nargetin pemula tadi. Mereka kirim sms massal, terus promo pakai nama lazada.

Atau promo di fb, terus kasih link ke web buatan mereka sendiri. Sambil ngaku-ngaku mereka adalah pihak lazada.

Coba inget2 selama ini udah berapa kali kamu dapet SMS penipuan gitu ? yang ngaku-nya lazada, yang ngaku-nya telkomsel, indosat, xl ? Yang ngaku-ngaku jual tiket pesawat online dengan harga murah ? Aku sendiri udah dapet banyak banget SMS penipuan model gitu.

Ingat : Kalau mau beli, langsung lewat website resminya. Lazada di lazada.co.id , traveloka di traveloka.com, dst. Jangan melalui perantara lewat SMS lah, BBM lah, Line lah..

Kembali lagi ke pembeli sih, pinter-pinter bedain mana yang beneran jualan, mana yang penipu. Kalau harganya terlalu murah, patut dicurigai.

Komentar pengunjung tentang lazada di blog lamaku

Seperti yang sudah aku tegasin diatas, Lazada.co.id adalah penjual yang bisa dipercaya. Tapi….

Tapi, semakin kebelakang semakin banyak masalah dengan lazada. Berikut ini beberapa komentar pengunjung di blog lamaku mengenai lazada. Masalah-masalah dibawah ini adalah secuil masalah dibandingkan dengan penjualan sukses di lazada.

Aku harap teman-teman bisa ambil hikmahnya aja, bahwa saat belanja online, harus siap dengan masalah seperti barang yang diterima lecet/cacat, barang telat sampai, barang tidak sesuai, barang habis stock dan uang dikembalikan, dan masih banyak lagi.

 

Ada banyak lagi komentar di blog lama, yang ga bisa dipindahin, dan kalo dibikin screenshoot kayak diatas bisa panjang banget. Komentar lain yang ga aku masukin sekitar 50 komentar, dan semuanya hampir sama dengan yang diatas.

Ada yang bilang belanja di lazada berkali-kali sukses, ada yang belanjanya berkali-kali tapi kadang-kadang dapet barang lecet, ada yang bermasalah saat minta pengembalian uang, dll.

Intinya adalah saat teman2 dapet masalah yang sama, jangan nyerah dan biarin lazada lepas tangan. Artinya kalau barang ga sesuai, komplain aja. Barang lecet, komplain juga. Pokoknya komplain kalo kena masalah.

Karna kalau dibiarin, lazada yang untung dengan kasus seperti ini dan pelanggan dirugikan. Segitu aja dulu deh, kalau ada yang mau ditanyain, kicauin aja dikolom komentar.

Published by muhammad yudha

Blogger dan online shopper .....

Join the Conversation

308 Comments

  1. Sry nih ngikut nimbrung . Soal lazada lihat dlu toko nya cek alamat toko nya .
    Saya beli barang lebih dari 10x aman aman aja .
    Barang paling lama 5 hari sampai ke tempat saya .
    Pernah juga pesan untuk kirim ke teman dan barang 3 hari sudah sampai .

    Sebenernya sih teliti sebelum membeli 😁

  2. berarti kl yg model brg mhl yg d jual hrg murah dengn alsn brg BM….iklan produckny lwt lazada tp ktika pmbyran d sruh lwt rek.pmilik toko dam infony chatingn lwt whatsapp sprti itu gmn…..lazada tau g mslh ini……

  3. Mau nanya. D lazada kan ada macam” harga hp. Tp ada yg harga sangat murah. Blang x itu hp black market. Apa kh itu penipuan. Soal x harga nya ndk masuk akal. Masak oppo f1 cuma 500

  4. TOLONG PERHATIKAN SAAT ANDA BERBELANJA, KALO EMANG PRODUK ITU DARI LAZADA KALIAN BOLEH PERCAYA, TAPI KALO DARI SELLER ATAU NUMPANG MASARIN DI WEB LAZADA PIKIR 2 KALI TERLEBIH DAHULU, UNTUK PEMESANAN SEKALIAN KOLEKSIA TABAO ITU MENANG STANDAR PALING LAMA 1 MINGGU ATAU LEBIH DIKIT, DAN PRODUK LUAR NEGRI ITU HAMPIR SEBULAN. KARENA STOCK BARANG TIDAK ADA DI GUDANG LAZADA. SEBELUM BERBELANJA LIHAT DENGAN JELAS DAN USAHKAN BAYAR DITEMPAT UNTUK HARGA TERJANKAU. DAN TRANSFER UNTUK HARGA JUTAAN DAN LIHAT ITU DARI LAZADANYA LANGSUNG JANGAN SAMA SELLER. KEBANYAKAN DARI KALIAN MUNGKIN LUPA MEMPERHATIKAN BARANG INI DARI SELLER ATAU LAZADA. USE YOUR BRAIN, JUST INFO

  5. Saya mau tanya nih, sekarang di lazada suka nampilin iklan2 dibeberapa sosmed, contohnya iklan smartphone brand “X” misalnya, harga jual dicounter kisaran 6juta, tapi dilazada hanya menjual kadang 1juta, kdang 1,2/1,5juta. Apakah itu promo atau penipuan. Soalnya dr beberapa merk smartphon ternama seperti merk “S” dan “Ip” juga ditawarkan dengan harga yg sama. Terima kasih atas tanggapannya.

    1. hati2 super copy alias KW super gan.. ga usah dilirik lg halamanya klo harga ga masuk akal, lupakan dan cari yg lain..

  6. MENDING BELANJA DI TOKOPEDIA, SISTEM LAZADA msh memungkinkan untuk seller berbuat NAKAL, proses pembatalan/refund lama, tidak ada cara untuk menghubungi seller langsung untuk komplain, ketika bermasalah posisi UANG pembeli tidak jelas, apa sudah di penjual atau di lazada.

    di TOKOPEDIA kita bisa melakukan komplain setelah barang diterima sehingga dana belum diberikan ke seller dan proses refund cepat lgs masuk ke rekening.

    satu2nya keunggulan lazada ialah bayar ditempat, tetapi sayangnya tidak untuk semua barang, hanya itu cara paling aman berbelanja di LAZADA, jangan pernah bayar dulu.

    1. Betul lebih baik belanja di Tokopedia. Saya retur barang di Lazada tgl 13 maret sampai tgl 23 april tidak ada kejelasan dari Lazada. Bilangnya sabar tunggu email konfirmasi dari pihak Lazada. Terus uang saya kapan dikembalikan?

  7. Lazada itu BENAR-BENAR PENIPU guys. Saya salah satu korbannya. Jadi HATI-HATI klw mau belanja di Lazada iya. lazada itu gak kayak marketplaces lain yg ada di Indonesia ini. CS nya kadang pura2 bego klw kt minta bantuan. Jadi gak bakalan bisa minta bantuan/komplain di marketplaces ini. Beda dgn marketplaces tokopedia, bukalapak. Baik dari fasilitas website maupun penangan dari pihak marketplaces nya. Lazada ini webnya paling jadul guys, cek de..dan bedain. Uda gitu marketplaces ini mendukung bangat sama penjual yg suka nipu (sehingga bnyk penjual penipu disana) tidak ada tindakan tegas sama penjual yg suka nipu sehingga menjamurlah banyak penjual penipu masuk lazada. Banyak juga saya dapatin disana, barang gak dikirim2 ke pembeli, cek de ulasan2 konsumennya. Sering juga klw pesan barang 2 atau tiga, yg dikrm cuman 1, begitu kita komplain sama lazada jangan harap selesai (ini aku alamin sendiri loh guys). Sistem kerja CS lazada itu ribet guys.., jgn harap masalah bisa selesai klw lu menghubungi lazada. Klw marketplaces lain seperti tokopedia, bukalapak, begitu kt hubungi cs nya pasti masalah kita beres kan. Nah, di lazada jangan harap. CS nya bego2 atau pura2 bego entahlah, pokoknya ribet. Apalagi minta soal pengembalian uang, hmmm…mereka buat muter2 tu biar kita gak minta pengembalian. Masalah yg gampang mereka buat seribet2 nya biar dana kt ga kembali. Jadi, jangan harap ada pengembalian uang. Entah perapa ratus juta tu uang konsumen mereka ambil. Pengen she situs lazada itu di blokir sama pemerintah, biar ga bnyak korban berjatuhan. Ni juga sy lagi cari2 cara laporin situs penipu itu, biar diblokir sekalian. Situs tidak bermanfaat atau tepatnya situs tempat penjual penipu bersarang di lazada.

    klw pun kalian belanja disana, iya. jgn pernah lgs bayar pakai COD aja. Soalnya klw uang sudah masuk ke lazada, jgn hrp bisa cepat kembali atau bisa kembali lg. marketplaces ini penipu guys…, dan penjual disana juga banyak penipu. jadi hati2 iya. biar kalian gak pendapat pengalaman buruk seperti saya. cukup sy aja yg alamin hal ini. Masih bnyk yg ingin aku ceritakan tp ini aja dulu iya, intinya marketplaces ini penipu, bukan cuman penjualnya yg penipu. Contohnya aja, diwebsite mereka buat gratis pengembalian barang, itu bohong guys…, dan msh bnyk lg bohongnya marketplaces lazada ini.

    1. duh mbak sistem COD juga saya masih kena tipu nih.. yang diiklan apa, yang dikirim apa.. iya emg marketplaces yang paling ga jelas ya lazada.. (bukan jelek2in tapi emang kenyataan) buat yang baru mo nyoba-nyoba blnja disini, mending jangan deh drpd nyesel lo kyk gue! biarinin aja nih perusahaan bangkrut dengan sendirinya..

    2. eh ranti gw perah bel iitem perbulan sampe 30juta ga cod dikirimnya bener sesuai foto, lu aja belanja item bagus harga murah tergiur, intinya beli di lazada baca deskripsi dan cek positive seller rating nya. lazada bukan penipu namun oknum seller abal2 yg menipu, dan semua cs lazada itu memang mengharuskan untuk bersikap ramah terhadap kustomernya, dan untuk pengembalian pengiriman MEMANG DIGRATISKAN, lu aja yg bego ga ngerti cara returnnya. dan Lazada itu salah satu marketplace terbesar se asia tenggara mana mungkin berniat menipu pembelinya karna mereka pun patuh pada sistem hukum di Indonesia dan taat pajak. makanya baca dulu FAQ dan ketentuan berbelanja di lazada sebelum bilang Lazada itu penipu.

    3. Saya juga tertipu belanja kulkas di lazada.. setelah bayar di indomaret, beberapa jam lgsung pengembalian dana dan segala cara udah ditempuh agar uang sy kembali malah udah ngisi formulir pengembalian tp ga ada pemberitahuan apapun. Sy harap lazada ditiadakan drpd banyak org yg tertipu

    1. barusan cek, barang ga ada garansi tertulis disana, aku sendiri klo liat perbedaan harga sampe 10juta, rasanya ga akan ambil mas, kecuali memang barang second atau refurbished, sementara disana ga ada penjelasan sejauh yg aku liat, ga keliatan tag refurbishednya,

      selain itu ga adanya garansi ini bikin tanda tanya, barang orisinal dan baru, biasanya ada garansi resmi, sampe beberapa tahun malah kan, tergantung barangny…

      terus rating penjual juga ga ada, rating barang pun ga ada, saranku hindari sih…

  8. Gak usah banyak bacot lah, 2 kali belanaja di LAZADA 2 kalinya kecewa + emosi. Baramg dikirim selalu kualitas jelek alias KW

  9. Yg komen lebih bnyak negatif na drpd positif na.
    Mungkin temen² bnyk yg kecewa.sama seperti yg saya alami
    Apa lazada gak bisa nyeleksi mana yang penjual beneran dan mana yg penipu ya. Ternyata di dunia ini lebih banyak setan na darp manusia na

  10. Saya tanya dong mas, saya beli barang di lazada, saya minta nmr resi tapi dikasih booking id dan package id itu pun di tulis ketik bukan screenshot atau foto, menurut mas gmna ya? soalnya aku baru sekali ini beli online

    1. udah coba masuk ke akun mas dilazada? disana biasa diupload nomer resi klo memang barang udah di proses dan dikirim…

  11. Saya ga’ prnah belanja di lazada tapi ko’ dpt sms penagihan pembayaran dr lazada ya,,??!
    Saya di minta untuk mlakukn pmbayaran sjumlah uang kpd lazada,ada kode pembayaran n jg kode pemesanan,, padahal Saya ga’ prnah belanja di lazada,,!! Buka aplikasi/donwnload aplikasi nya pun ga’ prnah,, bgmna mungkin Saye memesan/belanja di lazada,,?!!

  12. Pesanan saya dibatalkan dan dana saya dikembalikan dlm waktu 3-7 via trsfer bank dan saya telah mengisi data bank rekening saya hari ini hari ke 8 tapi uang blum juga saya terima menurut agan apa Lazada akan kembalikan dana saya

    1. Harusnya sih mas gan.. udah cek akun mas dilazada ? Apa ad pemberitahuan disana ?

      Intinya klo masih ga ad respon stlh nuggu lama, cba hubungi mereka di sosial media nya, jelasin dgn detail..

      Perusahaan biasanya perhatian sama imej/reputasi mereka..jadi review negativ di sosmed biasanya akan lbih di perhatikan..

  13. Lazada itu penipu setelah saya transfer by bank, biasanya bayar di tempat. Udah 3 minggu barang tak kunjung di kirim. Di hubungi CSnya mereka mengulur waktu. Minta pembatalan tidak ditanggapi. Minta dikonfirmasi di email, tidak juga di respon. Sangat disayangkan brand ternama tapi menipu.

  14. mau ikutan cerita, semoga blm basi ya konten di website ini hahaha.
    ini cerita emg bukan pengalaman belanja saya di lazada, saya sudah beberapa kali belanja di lazada dan untungnya semua terselesaikan dengan baik.
    nah ceritanya ini benar benar unik dan menggelitik wkwk, baru aja malam ini saya liat laman promo ‘PENAWARAN PANAS’ dr lazada utk hp xiaomi redmi 7. ada 3 thumbnail redmi 7, di pinggir kanan dan kiri dengan ram 3/32, yg tengah ram 2/16.
    saya sangat tertarik dengan thumbnail sebelah kiri karena ada potongan diskon yg tertera, 57% !! tanpa melihat harga setelah diskon langsung saya klik, dan baru saya liat kalo HARGA AWAL sblm di diskon adalah 3.899.000. trs selanjutnya saya buka thumbnail yg sebelah kanan dengan potongan diskon 11%, HARGA AWALNYA adalah, 2.099.000. and you know what, HARGA SETELAH DISKON dari kedua thumbnail ini sama, 1.870.000, hahaha
    ya bener ga salah liat, harga awal kedua thumbnail adalah TIGA JUTA DELAPAN RATUS SEMBILAN PULUH SEMBILAN RIBU RUPIAH daannn DUA JUTA SEMBILAN PULUH SEMBILAN RIBU RUPIAH.

    letak keanehannya adalah, setelah saya cek dengan HARGA REDMI 7 dengan ram 3/32 SAAT LAUNCHING yaitu sebesar 1.899.000 (SATU JUTA DELAPAN RATUS SEMBILAN PULUH SEMBILAN RIBU RUPIAH). aneh? sangat hahaha. mau tau yg lebih aneh lagi? the seller was LAZADA MALL (LAZMALL) ☺️☺️😊😊

    kesimpulannya adalah, penipuan yg dilakukan lazada menurut saya disini adalah pada marketingnya, dia memberikan promo diskon dengan harga awal yang direkayasa oleh seller atau malah oleh lazada sendiri, sehingga harga asli dr item tersebut dibuat seolah olah adalah harga diskon. dan ini sangat disayangkan karena telah membawa gelar online marketplace terbesar di asia tenggara.

    jadi saran buat para pembeli lazada, CEK DULU HARGA PASARAN sebelum anda hanya termakan besarnya diskon yg tertera 😊

    1. basi-basi sedikit ga apa2 deh mas.. haha…. maaf ini blognya kurang terurus.. thanks sharingnya mas…

    2. aku pernahnya kejadian sama partner lazada sih mas.. dulu.. tapi aku maklum waktu itu memang sepertinya bnyk toko online yg begini.. tapi sekarang memang aku ga pernah belanja lagi disini.. aku pidah ke toko sebelah… :D… yang jualannya lebih murah..

  15. LAZADA DISUMBANG OLEH PARA KONSUMEN YG DITIPUNYA! REFUND SAYA 187.700,- DITILEP OLEH LAZADA. MAU SAMPAI MATI PUN KALAU MEMANG TDK DITRANSFER LAZADA, YA TTP GADA LAH DI REKENING SY, TIAP KALI JWBN E-MAIL STAFF CS NYA KEUKEH SDH DITRNSFR PAKE GIRO & GADA PENOLAKAN DARI BANK SAYA. DITNYA DETAIL GIRO NYA SPY BS SAYA KOMPLAIN KE BANK, LAZADA GA BS BERIKAN! JD SAYA BENAR2 SETUJU KALAU BNYK DARI TMN2 YG NGALAMIN REFUND DITILEP MAU “CLASS ACTION” MENUNTUT LAZADA SPY DIADILI DI PENGADILAN BS E-MAIL SY DI MARTADINATA07@YAHOO.COM, TLG DIBERI KODE: CLASS ACTION DI PERIHAL NYA SPY TDK SAYA ANGGAP SPAM MESSAGE.

    1. LAZADA PENIPU
      Semoga ALLAH memberikan ADZAB paling pedih

      Akan adaa balasan setimpal bagi manusia2 biadab

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *