Ciri-ciri simcard hangus dan cara mendapatkannya kembali

Kartu perdana merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk sebagian orang (salah satunya aku). Kenapa penting? Kalau dari aku sendiri, karena nomer yang ada di kartu perdana tersebut udah digunakan untuk banyak hal yang perlu nomer handphone. Misalnya aja untuk kepentingan kuliah, mendaftar aplikasi line, dan untuk whatsapp juga yakan. Jadi kalau dari aku semua hal yang perlu nomer handphone aku samain nomernya biar gak bingung gitu.

Tapi yang jadi masalah itu, kalau kita lupa untuk isi pulsa, apa yang akan terjadi? Yang pertama jelas nomer kita udah gak aktif lagi, kalau masih di fase ini baru kelewat tanggal masa aktif sekitar 2 hari di isi pulsa lagi nomernya sih bisa aktif. Nah, coba kalau udah lewat dari tanggal masa tenggang? Nomer kita akan hangus deh :’v

Hal tersebut di atas yang pernah aku alami. Nomer udah kelewat tanggal masa tenggang dan aku baru inget kalau nomer itu belum di isi pulsa :’v Kok bisa? Iya, masalahnya aku tuh punya 2 nomer. Yang satu nomer untuk paket internet (ganti-ganti), dan yang satu nomer untuk kepentingan semuanya (termasuk sms). Nah kalau udah kaya gini nyesel deh akhirnya kenapa bisa lupa :’v Jadi antara pertahanin atau lepasin deh :’v

Apa Saja Ciri-Ciri Kartu Hangus?

Untuk mengetahui apakah sim card kita hangus atau tidak, kita bisa melihatnya dari beberapa ciri-ciri di bawah ini :

1. Biasanya sinyal tidak ada

2. Ada pemberitahuan kalau SIM salah

3. Tidak bisa untuk telfon ataupun sms

Kalau sudah seperti itu, kartumu brarti udah hangus lebur. Dan sekarang keputusan ada di tanganmu, mau pertahanin nomernya atau lepasin aja dan ganti dengan yang baru :’v

Bagaimana Cara Mengembalikan Kartu Hangus?

Jadi seperti yang udah aku ceritain di atas yang tentang kartu perdanaku hangus, waktu itu aku putusin buat mencoba pertahanin kartu perdana yang hangus itu karena males ribet harus ganti ini itu dengan nomer yang baru. Singkat cerita aku langsung dateng ke gerai Indosat terdekat, dan aku tanya ke petugas yang ada di depan pintu. Ternyata aku langsung di bawa ke tempat pengambilan nomer antrian. Iya, waktu itu banyak banget orang yang dateng ke gerai Indosat ini. Aku aja ngantrinya sampe lumutan gitu :’v

Itu nomer antrianku waktu itu. Tapi walaupun menunggu 135 orang, lumayan cepet sih menurutku, gak lama-lama amat nunggunya. Soalnya disediain sekitar 7 meja customer service gitu, jadi lumayan cepet. Terus kadang ada juga petugas yang dateng menghampiri kita-kita, nanyain apa masalahnya, terus di selesein sekalian sama petugas itu dan kita gak perlu ngantri dengan nomer antrian. Kalau udah ambil nomer antrian, ya nomer antrian tersebut bisa langsung dibuang aja. Jadi menurutku untuk pelayanannya oke lah.

Waktu nomer antrianku di panggil, aku langsung ke depan dan jelasin apa masalahnya ke masnya (kebetulan dapet petugasnya mas hhe). Jadi kata masnya tuh, aku harus balik lagi ke gerai Indosat sekitar 1-3 bulan kemudian baru bisa aktifin nomernya lagi karena gak bisa langsung di aktifin di hari itu juga, gitu katanya.

Alhasil aku nyoba nunggu dan balik lagi, dan aku dapet kartu perdana baru dengan nomer yang sama. Proses yang aku pikir akan ribet, ternyata gak seribet apa yang dibayangkan. Jadi inti prosesnya itu :

1. Dateng ke gerai Indosat terdekat dan jangan lupa bawa kartu identitas diri (kalau aku KTP).

2. Bawa sim card lama

3. Isi formulir pengajuan (nanti di sana)

4. Bawa uang kurang lebih Rp 10.000,- untuk administrasi

Udah gitu aja kok gak ribet-ribet amat. Tapi kadang ada juga yang gak bisa aktifin ulang kartu yang udah hangus karena udah ada yang pakai nomer itu. Jadi tergantung pihak Galeri Indosat juga sih yaa. Yang pasti, coba dulu aja untuk dateng langsung ke gerai Indosat terdekat untuk memastikan apakah kartumu yang udah hangus masih bisa di aktifin lagi atau engga.

Kalau mau cari aman sih, tunggu sekitar 1-3 bulan dari tanggal kartu hangus baru dateng ke gerai Indosat, karena biasanya nomer baru bisa di aktifin lagi beberapa bulan setelah nomer itu hangus. Tapi kalau mau nyoba dateng ke gerai Indosat sehari setelah kartu hangus ya gak papa, sekalian untuk memastikan ke petugasnya kita harus balik lagi ke gerai Indosatnya kapan.

Saran dari aku sih, jangan sampai lupa isi pulsa kartu perdana yang kamu anggep sangat penting kalau gak mau urus proses reaktif kartu perdana. Lebih baik rutin isi pulsa Rp 5000,- per minggu deh, gak papa pulsanya numpuk dibanding harus hangus yakan :’v

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *